Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Manajemen Kontigensi?
Go to Login

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL KONTIGENSI

 

  1. Naskah belum dan tidak akan dipublikasikan atau dalam proses penyuntingan dalam jurnal ilmiah atau dalam media cetak lain.
  2. Naskah diketik dengan spasi 1½ pada kertas ukuran A4 dan pias 2,5 sentimeter dengan huruf  Times New Roman berukuran 12 point. Naskah diserahkan dalam bentuk cetakan sebanyak 2 eksemplar disertai file dalam CD dan dapat dikirim melalui e-mail kepada administrasi Program Doktor Ilmu Manajemen PASCASARJANA UNPAS.
  3. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimal 10 – 20 halaman A4.

 

 

Format penulisan naskah  adalah sebagai berikut:

 1.       JUDUL

Judul harus menggambarkan isi artikel secara lengkap, maksimal terdiri atas 14 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris.

 2.       PENULIS

Nama penulis disertai dengan asal lembaga tetapi tidak disertai dengan gelar. Penulis wajib menyertakan biodata penulis yang ditulis pada lembar terpisah, terdiri dari: alamat kantor, alamat, dan telepon rumah, Hp. dan E-mail.

 3.       ABSTRAK/ABSTRACT

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Abstrak memuat ringkasan esensi hasil kajian secara keseluruhan secara singkat dan padat. Abstrak memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak diketik spasi tunggal.

Kata kunci harus mencerminkan konsep atau variabel penelitian yang dikandung, terdiri atas 5-6 kata.

 4.       PENDAHULUAN

Pendahuluan menjelaskan hal-hal pokok yang dibahas sebagai latar belakang penelitian/masalah, yang berisi tentang permasalahan penelitian, tujuan penelitian, dan rangkuman kajian teoritik yang relevan. Penyajian pendahuluan dalam artikel tidak mencantumkan judul.

 5.       KAJIAN PUSTAKA/TEORI

Memuat berbagai teori yang relevan dengan variabel-variabel penelitian yang memuat indikator-indikator yang digunakan  untuk mengukur, serta gambaran hubungan antar variabelnya.

 6.       METODE PENELITIAN

Metode meliputi rancangan penelitian, populasi dan sampel, pengembangan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data, yang diuraikan secara singkat.

 7.       HASIL DAN PEMBAHASAN

  • Hasil menyajikan hasil analisis data yang sudah final bukan data mentah yang belum diolah.
  • Pembahasan merupakan penegasan secara eksplisit tentang interpretasi hasil analisis data, mengaitkan hasil temuan dengan teori atau penelitian terdahulu, serta implikasi hasil temuan dikaitkan dengan keadaan saat ini. 
  • Pemaparan deskripsi dapat dilengkapi dengan gambar, foto, tabel, dan grafik yang semuanya mencantumkan judul, dan sumber acuan jika diperlukan.

 8.       SIMPULAN DAN SARAN

9.       REFERENSI

10.    DAFTAR LAMPIRAN (JIKA ADA)

11.    Ucapan terima kasih ditujukan kepada mereka (individu, organisasi, dan institusi) yang telah membantu terlaksananya penelitian dan penulisan. (jika ada)

 

 

Teknik Penulisan Daftar Kutipan

 

Pencantuman nama penulis dalam pengacuan (kutipan) dan daftar pustaka mengikuti sistem penulisan yang disyaratkan sebagai berikut :

 

-        Perujukan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun. Jika ada dua pengarang, perujukan dilakukan dengan menyebut nama akhir kedua pengarang. Jika pengarangnya lebih dua orang, perujukan dilakukan dengan menulis nama akhir pengarang pertama diikuti dengan et.al.

-        Nama pengarang disebut terpadu dalam teks, sehingga yang ditulis di dalam kurung hanya tahun dan halaman, yang ditulis (tahun:halaman)

Contoh:

Gunadi (2005:4) mendefinisikan kepatuhan wajib pajak adalah jika Wajib Pajak mempunyai kesediaan untuk memenuhi kewajiban pajaknya sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa perlu diadakan pemeriksaan, investigasi seksama, peringatan, ataupun ancaman dan penerapan sanksi baik hukum maupun administrasi.

-        Nama pengarang tidak terpadu dalam teks, sehingga nama pengarang ditulis dalam tanda kurung bersama-sama dengan tahun dan halaman, yang ditulis (nama pengarang, tahun:halaman)

Contoh:

Tingkat suku bunga seringkali digambarkan sebagai harga dari kredit  (Thomas, 1997: 79).

-        Pengarang terdiri dari dua orang

Contoh:

Pengalaman akan memberikan feed back yang berguna terhadap bagaimana sesuatu dilakukan secara lebih baik (Brouwman & Bradley, 1997:121)

-        Pengarang lebih dari dua orang

Contoh:

Kredibilitas dunia usaha dibedakan menurut dua jenis disclosure credibility yaitu persepsi investor terhadap informasi yang dikeluarkan dan management credibility lebih menekankan kepada sifat ketahanan para manager perusahaan dengan mengacu kepada persepsi investor terhadap manager dilihat dari segi kompetensi maupun kepercayaan (Hovland et al., 1953: 21).

-        Jika masalah yang dikutip dibahas oleh beberapa orang dalam sumber yang berbeda, maka cara penulisan sumber kutipan itu adalah:

Contoh:

Beberapa studi tentang sikap siswa terhadap matematika (Suydam, 1984; Corbitt, 1984;  Wigfield, 1991)

-        Jika sumber kutipan adalah beberapa karya tulis dari penulis yang sama pada tahun yang sama, maka cara penulisannya adalah dengan menambahkan huruf a, b, dan seterusnya pada tahun penerbitan.

Contoh:

(Bathur, 1990a, 1990b)

-        Catatan kaki tidak untuk menuliskan daftar kutipan atau rujukan. Catatan kaki hanya untuk menambahkan informasi yang penting atau penjelasan lanjut dari suatu topik.

 

 

 

Teknik Penulisan Daftar Pustaka

 

Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis dan kronologis berdasarkan jenis sumber yang digunakan.

Komponen-komponen yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah sebagai berikut.

  1. Nama penulis, dengan cara menuliskan terlebih dahulu nama belakang, kemudian nama depan (disingkat). Hal ini berlaku untuk semua nama, baik nama asing maupun nama Indonesia.
  2. Tahun penerbitan, judul sumber tulisan yang bersangkutan dengan digarisbawahi atau dicetak miring, kota tempat penerbit berada, dan nama penerbit.
  3. Baris pertama diketik mulai pukulan pertama dan baris kedua dan seterusnya diketik mulai pukulan kelima atau satu tab pada komputer.
  4. Cara menulis daftar pustaka berdasarkan jenis sumber yang digunakan adalah sebagai berikut.

1)    Jika sumbernya berupa jurnal:

Hiebert, J. 1989. Children’s Mathematics Learning: The Struggle to Link Form and Understanding. Elementary School Journal. 84: 496-513.

2)    Jika bersumber buku:

a)    Jika buku ditulis seorang saja:

Ausubel, D.P. 1968. Educational Psycology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

b)    Jika buku ditulis oleh dua atau tiga orang, maka semua nama harus ditulis dan nama penulis kedua dan seterusnya tetap dibalik:

Kottler, J.P. & Heskett, J.L. 1992. Corporate Cultures and Performance. Canada: Maxwell Macmillan.

c)    Jika buku ditulis oleh lebih dari tiga orang, digunakan et al. (dicetak miring atau digarisbawahi):

Hart, K. et al. 1985. Celsea Diagnostic Test. Winsdor: NFER-Nelson.

d)    Jika penulis sebagai penyunting:

Boe, E.E. & Gilford, D.M. (Eds). 1992. Teacher Supply, Demand, and Quality: Policy Issues, Models, and Data Bases. Washington, DC: National Research Council.

e)    Jika sumber itu merupakan karya tulis seseorang dalam suatu kumpulan tulisan banyak orang:

Pujianto. 1984. Etika Sosial dalam Sistem Nilai Bangsa Indonesia, dalam YP2LPM. 1984. Dialog Manusia, Fislsafat, Budaya, dan Pembangunan. Malang: YP2LPM.

 

f)      Jika buku itu berupa edisi:

Gabriel, J. 1970. Children Growing Up: Development of Children Personality (3rd edition). London: University of London Press.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Bisnis (edisi ke-9). Bandung: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

3)    Jika bersumber di luar jurnal dan buku

a)    Berupa skripsi, tesis, atau disertasi

Ashtahyam, A.D. 2002. Upaya Peningkatan Prestasi Siswa dalam Persekolahan Terpadu yang Guru-gurunya pada Umumnya Guru Praktek. Disertasi DoktorPPS UNK, Bandung: tidak diterbitkan.

b)    Berupa publikasi departemen:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kebijaksanaan Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

c)    Berupa dokumen:

Proyek Pengembangan Pendidikan Guru. 1983. Laporan Penilaian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru. Jakarta: Depdikbud.

d)    Berupa makalah:

Djojonegoro, W. 1996. Pengembangan Pendidikan dalam Era Globalisasi dan Implikasinya Terhadap Pembinaan Jabatan Guru. Makalah pada Seminar Nasional Wawasan Profesi Guru Tahun 2000, tanggal 21 Desember 1996. Surabaya: Tidak diterbitkan.

e)    Berupa surat kabar:

Niels, M. 1998. Masyarakat Madani Tak Bisa Andalkan Nilai Jawa. Kompas (29 Nopember 1998).

4)    Jika bersumber dari internet:

a)    Jika karya perorangan, cara penulisannya ialah:

Pengarang/penyunting. Tahun. Judul (edisi), [jenis medium]. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].

b)    Jika bagian dari karya kolektif, cara penulisannya ialah:

Pengarang/penyunting. Tahun. Judul (edisi), [jenis medium]. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses]

c)    Jika artikel dalam jurnal, cara penulisannya ialah:

Pengarang. Tahun. Judul. Nama Jurnal [jenis media], volum (terbitan), halaman. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses]

Contoh:

Supriadi, D. 1999. Restructuring the Schoolbook Provision System in Indonesia. Some Recent Initiatives. Dalam Educational Policy Analysis Archieves [Online], Vol 7 (7), 12 halaman. Tersedia: http: //epaa.asu.edu /epaa/v7n7.html [18 April 2002].


 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.