Main Article Content

Abstract

This study aims to determine the effect of product development and product quality on consumer satisfaction at PT. Langgeng Perkasa in Cikarang. The method used is explanatory research with analytical techniques using statistical analysis with regression, correlation, determination and hypothesis testing. The result of this research is that product development has a significant effect on customer satisfaction by 45.2%, hypothesis testing is obtained t count > t table or (8.809 > 1.986). Product quality significantly affects consumer satisfaction by 41.4%; hypothesis testing is obtained t count > t table or (8,153 > 1,986). Product development and product quality simultaneously significantly affect consumer satisfaction with the regression equation Y = 10.689 + 0.393X1 + 0.345X2. The contribution of influence is 52.1%.

Keywords

Product development product quality consumer satisfaction

Article Details

How to Cite
Rustandi, I. (2021). The Effect of Product Development and Product Quality on Consumer Satisfaction at PT. Langgeng Perkasa in Cikarang. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 470-480. https://doi.org/10.56457/jimk.v9i2.192

References

  1. Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi”. Yogyakarta: BPFE.
  2. Anjani, R. (2019). Tata Kelola Adminitrasi Keuangan, Dan Pembangunan Desa Tepi Laut Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2 (2).
  3. Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Asmawi, M. (2017). The effect of compensation, empowerment, and job satisfaction on employee loyalty. International Journal of Scientific Research and Management, 5(12), 7590-7599.
  5. Candra Dery Bagus, dkk. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadapkep Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake” Jurnal Aplikasi dan Bisnis. E-ISSN: 2407-5523, Hal. 86-91
  6. Ghozali, Imam, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.
  7. Gifani Auliannisa, Syahputra. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom” Jurnal Bisnis dan Iptek. Vol.10 No.2, Hal. 82-92
  8. Gumilang, Ratna Risa. 2019. “Implementasi Digital Marketing Terhadap
  9. Hanaysha, Jalal, Haim Hilman, Noor Hasmini Abdul-Ghani. 2014.” Efek Langsung dan Tidak Langsung dari Inovasi Produk dan Kualitas Produk pada Citra Merek: Bukti Empiris dari Industri Otomotif “ Jurnal Internasional Publikasi Ilmiah dan Penelitian. Manajemen Bisnis Vol.4. Edisi 11, Hal.2-5
  10. Indah, Rasyid, Tri. 2018.“Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dikota Tangerang Selatan” Jurnal Perspektif. Vol.16 No.1, Hal. 40-49
  11. Jasmani, J. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Ragam Baja Nusantara. Disrupsi Binis, 2(1).
  12. Jasmani, J. (2019). Pengaruh Product Development Dan Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).
  13. Jasmani, J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Semarak, 1(3).
  14. Jasmani, Jasmani, and Denok Sunarsi. "The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang." PINISI Discretion Review 1.1 (2020): 165-174.
  15. Kevin Keller dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
  16. Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaran”. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.
  17. Kotler (2016) “Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.
  18. Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.
  19. Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Jakarta). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.
  20. Suhaily, Lily dan Syarief Darmoyo. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Persepsi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Diperoleh Kepercayaan Pelanggan (Studi Pada Produk Elektronik Merek Jepang)” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol.21 No.22, Hal. 5
  21. Tambunan, Elisabet dan Marupa Siregar. 2018. “Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Azzahra Medan” Jurnal Mutiara Manajemen. Vol.3 No.1, Hal. 3-9
  22. Wulandari, Dwi ajeng dan Farah Oktafani. 2017. “Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Komunkikasi Dan Bisnis Telkom University Bandung” Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. No.1, Hal. 50-58