Main Article Content

Abstract

This study aims to determine the effect of product development and product quality on consumer satisfaction at PT. Gelora Cahaya Unggul in West Jakarta. The method used is explanatory research with analysis techniques using statistical analysis with regression testing, correlation, determination and hypothesis testing. This study's results show product development significantly affects consumer satisfaction by 40.5%; hypothesis testing is obtained through t count> t table, or (7.996> 1.986). Product quality significantly affects consumer satisfaction by 38.8%; hypothesis testing obtained t count> t table or (7,718> 1,986). Product development and product quality simultaneously have a significant effect on customer satisfaction with the regression equation Y = 10.648 + 0.382X1 + 0.362X2, and the contribution of the effect is 49.7%; the hypothesis test obtained F count> F table or (46.018> 2,700).

Keywords

Product Development Product Quality Customer Satisfaction

Article Details

How to Cite
Supiandi, G. (2021). Effect of Product Development and Product Quality on Customer Satisfaction in Superior Gelora Light in West Jakarta. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 116-124. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/104

References

  1. Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi”. Yogyakarta: BPFE.
  2. Anjani, R. (2019). Tata Kelola Adminitrasi Keuangan, Dan Pembangunan Desa Tepi Laut Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2 (2).
  3. Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Asmawi, M. (2017). The effect of compensation, empowerment, and job satisfaction on employee loyalty. International Journal of Scientific Research and Management, 5(12), 7590-7599.
  5. Candra Dery Bagus, dkk. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadapkep Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake” Jurnal Aplikasi dan Bisnis. E-ISSN: 2407-5523, Hal. 86-91
  6. Ghozali, Imam, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.
  7. Gifani Auliannisa, Syahputra. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom” Jurnal Bisnis dan Iptek. Vol.10 No.2, Hal. 82-92
  8. Gumilang, Ratna Risa. 2019. “Implementasi Digital Marketing Terhadap
  9. Hanaysha, Jalal, Haim Hilman, Noor Hasmini Abdul-Ghani. 2014.” Efek Langsung dan Tidak Langsung dari Inovasi Produk dan Kualitas Produk pada Citra Merek: Bukti Empiris dari Industri Otomotif “ Jurnal Internasional Publikasi Ilmiah dan Penelitian. Manajemen Bisnis Vol.4. Edisi 11, Hal.2-5
  10. Haque, M. G., Nurjaya, N.,Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.
  11. Indah, Rasyid, Tri. 2018.“Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dikota Tangerang Selatan” Jurnal Perspektif. Vol.16 No.1, Hal. 40-49
  12. Jasmani, J. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Ragam Baja Nusantara. Disrupsi Binis, 2(1).
  13. Jasmani, J. (2019). Pengaruh Product Development Dan Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).
  14. Jasmani, Jasmani, and Denok Sunarsi. "The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang." PINISI Discretion Review 1.1 (2020): 165-174.
  15. Keller dan Amstrong (2017) “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
  16. Kevin Keller dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
  17. Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online”. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro
  18. Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaran”. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.
  19. Kotler (2016) “Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.
  20. Lupiyadi, Rambat (2016) Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2 , Jakarta : Salemba Empat.
  21. Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.
  22. Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Jakarta). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.
  23. Marheni Eka Saputri, Tutut Ratna Pranata. 2014. “Pengaruh Brand Image Terhadap Ksetiaan Pengguna Smartphone Ipohone” Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Vol.13 No.3, Hal. 191-201
  24. Nasir, Akhmad. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di Kabupaten Pasuruan”. Penelitian ilmiah,” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol.6 No.2, Hal. 18-20
  25. Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.
  26. Onsardi, O. (2018). Loyalitas Karyawan pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting, 2(1), 1-13.
  27. Onsardi, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Pemberdayaan, Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan Variabel Intervening Kepuasan Kerja (No. jsypg). Center for Open Science.
  28. Paramarta, V., Dewi, R. R. V. K., Rahmanita, F., Hidayati, S., & Sunarsi, D. (2021). Halal Tourism in Indonesia: Regional Regulation and Indonesian Ulama Council Perspective. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 497-505.
  29. Peningkatan Penjualan Home Industri” Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.10 No.1, Hal. 10-11
  30. Robins, Coulter. 2010. Manajemen. Jakarta Erlangga
  31. Sedarmayanti. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung : Munandar Maju. Shaleh, Rifki,. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk Gaya Hidup, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Stalker Pomade Di Un Kediri” Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol.1 No.1, Hal. 2-12
  32. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  33. Suhaily, Lily dan Syarief Darmoyo. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Persepsi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Diperoleh Kepercayaan Pelanggan (Studi Pada Produk Elektronik Merek Jepang)” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol.21 No.22, Hal. 5
  34. Tambunan, Elisabet dan Marupa Siregar. 2018. “Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Azzahra Medan” Jurnal Mutiara Manajemen. Vol.3 No.1, Hal. 3-9
  35. Wulandari, Dwi ajeng dan Farah Oktafani. 2017. “Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Komunkikasi Dan Bisnis Telkom University Bandung” Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. No.1, Hal. 50-58