Main Article Content

Abstract

Inovasi produk dan pelatihan digital marketing untuk UMKM di Karangasem, khususnya para petani nira/aren, berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para petani dengan memberikan pelatihan mengenai pemasaran digital serta memproduksi hasil pertanian dalam jumlah besar, yang diharapkan dapat membuka peluang pasar yang lebih luas. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Amertha Bhuana yang memiliki sekitar 30 petani aren yang tersebar di wilayah Karangasem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pelatihan mengenai strategi digital marketing yang tepat, serta teknik produksi yang efisien untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk aren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan petani dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk mereka dan menghasilkan lebih banyak produk aren dengan efisiensi yang lebih tinggi. Dengan demikian, diharapkan keberlanjutan usaha petani aren dapat tercapai, serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Keywords

Inovasi Produk Digital Marketing Kesejahteraan UMKM

Article Details

References

  1. Bartono, P.H dan Rufino, E.M. 2010. Tata Boga Industri. Yogyakarta. Andi.
  2. Dinas Perkebunan Kab. Karangasem (2020). “Data ANTAP Luas Areal dan Produksi Tanaman Perkebunan”
  3. Lempang. M (2012). “Pohon Aren dan Manfaat Produksi”. Balai Penelitian Kehutanan Makassar. Info Teknis EBONI Vol.9 No.1, Oktober 2012 : 37-54 Molecule-r.com (2021) “Powderizing”. https://molecule-r.com/blogs/molecular-gastronomy-techniques/powderizing
  4. Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi
  5. Mufqi, T. S. 2016. Penerapan Standar Resep di Dakken Coffee and Steak Bandung. Bandung: STP Bandung. Diakses pada 14 November 2018.(http://stpbandung.net:8080/repository/bitstream/123456789/176/1/TA%20Taufiq% 20Mufqi%20S-201319342-2016.pdf).
  6. Omta S.W.F. et al. 2014. “Open Innovation in the Food Industry: AnEvidence Based Guide”. ISBN 978-908-222-12-06
  7. Salmiyah Thaha dkk. 2021. Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan penjulan UMKM di Masa Pandami Covid-19 kecamatan Tuikale Kabupaten Maros. ABDINE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat Vol. 1 No 2. ISSN 2798-2882.