Main Article Content

Abstract

Seiring berkembangnya infrastruktur Internet, tidak hanya ponsel cerdas dan komputer yang dapat terhubung ke Internet. Misalnya semua perangkat elektronik yang terhubung ke Internet, seperti remote control lampu. Dalam bidang IT, konsep ini dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT), sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas konektivitas jaringan. Ruang belajar ini mempunyai fungsi pengatur lampu yaitu satu lampu dan semua lampu untuk menyalakannya. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa IoT mengacu dan menggunakan suatu objek yang nantinya dapat berkomunikasi melalui jaringan internet, yaitu. Aplikasi IoT untuk mengontrol pencahayaan lampu LED. ESP8266 adalah modul tambahan Wi-Fi untuk mikrokontroler seperti Arduino, yang memungkinkan koneksi langsung ke jaringan Wi-Fi dan membuat koneksi TCP/IP. Modul ini bekerja pada sekitar 3.3V dan memiliki tiga mode Wi-Fi: Stasiun, Titik Akses, dan Keduanya. Dilengkapi dengan CPU, memori dan GPIO, ESP8266 dapat bekerja secara mandiri tanpa tambahan mikrokontroler. Firmware bawaannya menggunakan AT Command, namun modul ini mendukung beberapa SDK firmware open source seperti NodeMCU (lua), MicroPython (Python), dan AT Command. Pemrograman dapat dilakukan dengan ESPlorer untuk NodeMCU, dempul seperti terminal kontrol AT Command, atau Arduino IDE dengan menambahkan perpustakaan ESP8266 ke board manager.

Keywords

IoT Mikrokontroller ESP8266

Article Details

References

  1. A. Mulyanto and Dkk, “Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan,” J. TEKNOINFO, vol. 11, no. 2, pp. 48–53, 2017,
  2. Brown, R., & Garcia, M. (2022). Teknik Lanjutan dalam Pemrograman Mikrokontroler untuk Aplikasi IoT. New York: Springer.
  3. D. D. S. Fatimah, “Perancangan Pengendali Lampu Rumah Otomatis Berbasis Arduino Nano,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 470–477, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.470.
  4. Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28-35.
  5. I. Warangkiran, I. S. T. G. Kaunang, A. S. M. Lumenta, and A. M. R. St, “Perancangan Kendali Lampu Berbasis Android,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 65–72, 2014, doi: 10.35793/jtek.3.1.2014.3827.
  6. Jones, K., dkk. (2020). Mengevaluasi Efektivitas Pelatihan Praktis dalam IoT: Studi Longitudinal. Jurnal Teknologi Terapan, 15(3), 78-91.
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Tahunan tentang Kegiatan Pengabdian Masyarakat: Inisiatif Pelatihan IoT SMKN 4 Gowa. Jakarta: Kantor Percetakan Pemerintah.
  8. S. Samsugi, A. Ardiansyah, and D. Kastutara, “Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, p. 23, 2018, doi: 10.33365/jti.v12i1.42.