Main Article Content

Abstract

Siswa SMP sebagai generasi muda yang sangat memiliki potensi dan berkesempatan berperan aktif untuk kemajuan bangsa. Untuk menunjang kemampuan dalam bersaing di era globalisasi, siswa SMP dituntut untuk memiliki rasa percaya diri, mampu berkomunikasi secara santun, bersikap sopan sebagai bagian dari public speaking. Apabila tidak memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dihadapan umum secara tepat karena kurangnya rasa percaya diri, maka interaksi tidak dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman serta wawasan bagi siswa SMP, kegiatan pengabdian yang dilaksanakan melalui adanya pelatihan public speaking. Kegiatan ini dilakukan oleh program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Undiknas berkolaborasi dengan program studi Ilmu Komunikasi UKI Jakarta sebagai bentuk nyata implementasi dari Tri darma perguruan tinggi. Kegiatan pelatihan bagi generasi muda khususnya di SMPN 3 Marga Tabanan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam berkomunikasi untuk menunjang interaksi. Antusias peserta sangat tinggi berbagai pertanyaan telah dilontarkan saat diskusi sehingga kegiatan ini dapat memberikan pelatihan pengembangan keterampilan public speaking.

Keywords

Generasi Muda Public Speaking Pengembangan Komunikasi

Article Details

References

  1. Dalimunthe, L., & Haryadi, R. N. (2022). The Effect of Learning Methods and Vocabulary Mastery on English Speaking Ability. Lingua Educationist: International Journal of Language Education, 1(1), 1-7.
  2. Dunar, H. (2015). My Public Speaking. Jakarta : PT Gramedia Pustaka. Fernando, Y.I. (2016). Public Speaking Untuk Pemula.Versi 1.0: Hal.1-4. Hojanto, O. (2017). Public Speaking Mastery. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
  3. Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14-30.
  4. Mustamu, R. H. (2012). Menjadi Pembicara Publik Handal.Jurnal Komunikasi Islam.Vol.2 No.2: Hal.210.
  5. Nikita, A. (2011). Succesful Public Speaking. (http://bookboon.com/en/successful- public-speaking-ebook diakses pada 15 Juli 2023)
  6. Pranata, D. (2015). Speak With Power. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
  7. Schreibe, L. dan Hartranft, M. (2013). Introduction To Public Speaking (http://publicspeakingproject.org/introduction.html diakses pada 12 Juli 2023)
  8. Wrench, J.S., dkk. (2012). Public Speaking Practice and Ethics. (http://lardbucet.org diakses pada 15 Juli 2023.