Main Article Content

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah kemampuan melakukan sesuatu dalam upaya peningkatan kualitas kesejahteraan di masyarakat. Kegiatan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan aktivitas barbasis pengabdian masyarakat untuk meningkatkan empati serta keterampilan mahasiswa pada kondisi lingkungan masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 8 Universitas Darunnajah yang di selenggarakan lingkungan Kelurahan Petukangan Selatan RW 02, Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan dengan metode penyuluhan, pelatihan, demonstrasi Dan pendampingan kelompok melalui peningkatan kualitas pendidikan Agama, Ekonomi, dan hukum di lingkungan Kelurahan Petukangan Selatan RW 02. Hasil menunjukan response positive yang tinggi dari pemerintahan sampai masyarakat sekitar dalam berpartisipasi di antaranya mengikuti kegiatan belajar mengajar SD SLB Sumber Budi, kegiatan pelayanan bimbingan sosial emosional pada anak tuna grahita, kegiatan pelayanan bimbingan Bahama isyarat pada anak tuna rungu, pengajaran PAUD Cempaka di RW 02, kegiatan pelayanan pengajaran TPA Nurul Huda, kegiatan Hidroponik bersama pengelola RPTRA Manunggal, Membuat keterampilan pupil dari kulit telur bersama Ibu Lurah Petukangan Selatan, membuat kreativitas dari stik ice cream dan bahan sampah menjadi tas/barang bermanfaat, melatih dan mengajarkan  anak - anak bermain bola Dan menari di RPTRA Manunggal, dan Kegiatan Seminar Kewirausahaan. Disisi lain terjadi peningkatan kedispilinan dan partisipasi mahasiswa KKN dan masyarakat, dengan keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan.

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat Pendidikan Agama Hukum Ekonomi

Article Details

References

  1. BKKBN, "BKKBN," Kampung KB, 15 Februari 2018. [Online]. Available: https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/7400/kampung-kb-kelurahan-petukangan-selatan. [Accessed 5 Maret 2023].
  2. Hakim, A. R., Tutrianto, R., & Zulherawan, M. (2023). Penguatan Sinergitas Antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pelalawan dengan Lembaga Kemasyarakatan dalam Pemberantasan Narkoba Di Kecamatan Pangkalan Kerinci. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 58-61.
  3. Istiqomah, A., Kartika, D., & Safira, O. P. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Digital Menggunakan Ecommerce Shopee Pada UMKM Majun Jaya Di Kp. Pasir Pogor Rt/Rw 009/005 Ds. Nagacipta Kec. Serang Baru Kab. Bekasi. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10-16.
  4. Sunarsi, D., Teriyan, A., & Haryadi, R. N. (2024). Sinergi Pendidikan Dan Pemberdayaan: Program Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Dialog Interaktif dan Pembelajaran Berkelanjutan. SocServe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 19-24.
  5. Utarinda, D., Haryadi, R. N., Al Farisi, M. S., Mutaufiq, A., & Eliza, E. (2022). Pelatihan Manajemen Bisnis Kedelai dalam Meningkatkan Kualitas Produk bagi Pelaku Usaha Kedelai di Purwakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 264-269.
  6. Wikipedia, "Wikipedia Ensiklopiedia Bebas," Wikipedia, 9 Juni 2022. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Petukangan_Selatan,_Pesanggrahan,_Jakarta_Selatan. [Accessed 5 Maret 2023].