Main Article Content

Abstract

Penelitian kegiatan dalam laporan ini adalah masyarakat yang sudah memiliki usaha pinggir jalan. Dengan diadakannya kegiatan ini di harapkan UMKM yang tertuju dapat membangun usahanya di toko online shop dam mempromosikannya pada media sosial. Dalam menggunakan TikTok, ada dua hal yang harus diperhatikan: pengaruh internal dan eksternal. Pikiran, emosi, sifat, kebencian, harapan, gaya belajar, kondisi fisik, kebutuhan dan nilai seseorang, serta minat dan motivasi mereka adalah komponen internal. Efek eksternal termasuk riwayat keluarga, tingkat pengetahuan, pengetahuan dan permintaan objek, intensitas, ukuran, kontras, baru atau asing, dan sebagainya. TikTok menawarkan TikTok Shop sebagai salah satu dari dua hal yang mempengaruhi penggunaannya. TikTok Shop adalah platform e-commerce sosial di mana vendor dapat menjual produk kepada pengguna TikTok. Pengguna kemudian dapat membeli barang dalam berbagai kondisi dengan program ini. TikTok Store dapat membantu toko menggunakan Pusat Penjualan dan layanan mereka. Selain itu, penjual dapat memposting dan menyimpan detail produk dan daftar yang akan dipromosikan kepada pengguna TikTok. Dalam hal ini mitra akan dibantu untuk pembuatan akun TikTok Shop guna dalam pemasaran produk.


 


ABSTRACT


The research activities in this report are people who already have roadside businesses. By holding this activity, it is hoped that targeted MSMEs can build their business in online shops and promote them on social media. When using TikTok, there are two things you must pay attention to: internal and external influences. A person's thoughts, emotions, traits, aversions, hopes, learning styles, physical conditions, needs and values, as well as their interests and motivations are internal components. External effects include family history, level of knowledge, object knowledge and demand, intensity, size, contrast, newness or unfamiliarity, and so on. TikTok offers TikTok Shop as one of two things that influence its use. TikTok Shop is a social e-commerce platform where vendors can sell products to TikTok users. Users can then purchase items in various conditions with this program. TikTok Store can help stores use their Sales Hub and services. Additionally, sellers can post and save product details and listings to promote to TikTok users. In this case, partners will be assisted in creating a TikTok Shop account for product marketing.

Keywords

promosi digital marketplace TikTokShop

Article Details

References

  1. Armayani RR, Tambunan LC, Siregar RM, Lubis NR, Azahra A. Analisis Peran Media Sosial Intagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. 2021.
  2. Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.
  3. Rahayu S, Irvan PA, Anggraini S, Wulandari R, Evanita S, Friyatmi. Kajian Tentang Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan di Anne Kamper’s Pariaman. Universitas Negeri Padang. 2021.
  4. Harisandi P, Yahya A, Risqiani R, Purwanto P. Peran Harga Dan Citra Merek Dalam Mediasi Pengaruh E-Word To Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi TikTok. MUKADIMAH. 2023.
  5. Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
  6. Ibrahim SH. Cara membuat TikTok Shop: Toko untuk Jualan di TikTok. Dec;31;2023.
  7. Irfanudin, A. M., Amirudin, A., & Haryono, B. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran UKM Binaan Musholla Al-Muqorrobiin Kedaung Pamulang. SocServe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 11-15.
  8. Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.
  9. Kumala, D., Wijandari, A., Suratminingsih, S., & Haryadi, R. N. (2023). Improving Digital Literacy for Secondary School Students at SMK Muhamadiyah 2 Cileungsi. Pasundan Community Service Development, 1(1), 1-4.