Main Article Content

Abstract

Saat ini pemanfaatan teknologi Internet menjadi salah satu cara untuk mendorong berkembangnya pasar UMKM karna Di era yang serba digital ini sudah sepantasnya pelaku UMKM memasarkan produknya melalui digital marketing agar produk yang dihasilkan bisa dikenal oleh konsumen secara luas. Strategi pemasaran digital Menggunakan e-commerce shopee sebagai alat pemasaran online memiliki beberapa manfaat bagi penjual. Diantaranya fleksibilitas waktu, tidak ada biaya operasional, tidak perlu beriklan karena platform marketplace memiliki strategi periklanan tersendiri, tidak ada biaya sewa, dan pengguna hanya perlu mendaftarkan toko onlinenya. Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan melalui pemaparan materi, pelatihan pembuatan akun merchant shopee, pengambilan gambar dan deskripsi produk serta melakukan live streaming dan pengelolaan akun. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mitra sebagai pelaku UMKM Majun jaya yang sebelumnya belum mengetahui tentang pemasaran digital dan manfaat penjualan melalui e-commerce shopee kini mulai memasarkan produknya menggunakan e-commerce.

Keywords

digital marketing UMKM pelatihan e-commerce shopee

Article Details

References

  1. Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
  2. Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765
  3. Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
  4. Kelurahan, D. I., & Temanggung, S. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Ukm Terdampak Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3626
  5. Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.
  6. Kusuma, A. N., & Maura, A. El. (2021). Meningkatkan Minat Berbisnis Secara Online. 5(6), 4–12.
  7. Nilasari, R. (2019). Pengaruh Trust Dan E-Service Terhadap Repurchase Intention Bagi Pengguna Aplikasi Shopee. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 755. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p20
  8. Pinariya, J. M., Forceila, D., Ivana, L., & Yunia, A. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing pada Komunitas BGBJ di Bantar Gebang Menghadapi Era 4.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 191–202. https://doi.org/10.30651/aks.v5i2.6148
  9. Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
  10. Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433