Main Article Content

Abstract

Saat ini para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu kegiatan pemasaran produknya agar konsumen semakin mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. UKM yang memiliki koneksi internet, berinteraksi dengan media digital, dan mengembangkan bisnis e-commerce mereka sendiri biasanya merasakan manfaat bisnis yang signifikan dalam hal pendapatan, peluang kerja, inovasi, dan daya saing. Menggunakan metode ceramah tentang pentingnya e-commerce dalam pengembangan UMKM. Petunjuk cara membuat akun bisnis di Instagram nantinya akan dibagikan kepada akun bisnis yang sudah ada agar lebih menarik. Memberikan pelatihan penggunaan media digital dalam memasarkan produk komersial. Memberikan tutorial cara membuat toko di shopee yang dapat memperluas jangkauan pemasaran online dan target pasar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini, pelaku UMKM yang sebelumnya belum mengetahui atau memahami pemanfaatan digital marketing dan belanja online kini mulai memasarkan produknya secara online. Ketika konsumen memahami pentingnya mengambil foto produk untuk meningkatkan daya tariknya, konsumen akan merasakan dorongan untuk membeli produk mereka secara online.

Keywords

Pengembandan dan Pendampingan Digital Marketing Market Place Shopee UMKM Otomotif

Article Details

References

  1. Ahdiat, A. (2023). Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain? Data Books. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain.
  2. Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
  3. Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386.
  4. Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.
  5. Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf
  6. Setiawati, S. D., Diniati, A., & Sutarjo, M. A. S. (2022). KOMPETENSI KOMUNIKASI DIGITAL SEBAGAI DASAR ADAPTASI DIGITAL MARKETING. E-ISSN 2986-2892.
  7. Sumilah, N., Jumiyati, J., Fuadyah, I., & El Hasan, S. S. (2023). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk UMKM di Tanjung Sari. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7-11.