Main Article Content

Abstract

Sejumlah jalan di beberapa desa sering kali menghadapi masalah serius seperti kerusakan di beberapa titik jalan dan persimpangan, serta kekurangan petunjuk arah yang memadai. Masalah serupa juga dialami oleh Desa Kalensari, Kecamatan Compreng, Subang, di mana kekurangan plakat atau petunjuk arah jalan dusun sangat terasa. Untuk mengatasi tantangan ini dan memudahkan akses menuju dusun-dusun di Desa Kalensari, mahasiswa KKN Darussalam Kunir yang bertugas di sana merencanakan kegiatan pengadaan papan petunjuk arah jalan dusun setempat. Ini bertujuan untuk melengkapi infrastruktur petunjuk arah menuju dusun-dusun di Desa Kalensari, khususnya di lima dusun, yaitu Dusun Kotasari, Krajan 1, Krajan II, Sukajadi, dan Sukajaya. Program KKN tersebut terdiri dari empat tahapan kegiatan. Pertama, survei lapangan dilakukan untuk menentukan lokasi pemasangan papan petunjuk arah jalan dusun. Kemudian, persiapan alat dan bahan dilakukan untuk pembuatan papan tersebut. Tahap ketiga melibatkan proses perakitan papan, pengecatan, dan pemasangan oleh mahasiswa dengan bantuan pemuda dan masyarakat setempat. Akhirnya, sepuluh papan petunjuk arah jalan dusun dan satu tiang penyangga berhasil dibuat. Program ini mendapat dukungan besar dari pemuda dan masyarakat Desa Kalensari sehingga dapat dilaksanakan dengan lancar. Dalam seluruh proses kegiatan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, tidak ditemukan hambatan yang signifikan. Hasil survei tingkat kepuasan masyarakat menunjukkan bahwa mereka merasa puas dengan adanya program ini, sesuai dengan tiga indikator yang ditetapkan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berhasil memperbaiki infrastruktur jalan, tetapi juga mendorong keterlibatan dan kepuasan masyarakat setempat.

Keywords

Papan Petunjuk Arah Prassarana Desa Kalensari

Article Details

References

  1. Aliviyanti, D., Kasitowati, R. D., Yona, D., Semedi, B., Rudianto, R., Asadi, M. A., Isdianto, A., & Dewi, C. S. U. (2022). Edukasi Bahaya Sampah Plastik pada Perairan dan Biota Laut di Sekolah Alam, Pantai Bajulmati, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Abdi Geomedisains, 2(2), 119–129.
  2. Aziza, N., Ekasari, R., Prasnowo, M. A., Setiawan, S., & Purnamasari, W. (2018). Pengembangan Kemampuan Enterpreneur Sebagai Upaya Meningkatkan Competitive Advantage UMKM di Desa Watu Golong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement. 865-871.
  3. Badan Pusat Statistik. (2021). Kecamatan Narmada Dalam Angka 2020. BPS Kabupaten Lombok Barat: Lombok Barat.
  4. Fadjri, M., Pebrianti, B. F., & Putri, D. S. (2020). Optimalisasi Potensi Wisata Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pesanggarahan Kecamatan Montong Gading. Jurnal Warta Desa (JWD), 2(1), 101-109.
  5. Handayani, S., & Saputera, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Penggunaan Sistem Kkn Online dengan Pendekatan Tam. Journal of Technopreneurship and Information System, 2(2), 53-58.
  6. Leksono, E. B. (2020). Peningkatan Fasilitas Desa Dengan Pemasangan Papan Nama RT Dan Perangkat Desa Wotansari. DedikasiMU (Journal of Community Service), 2(1), 174-179.
  7. Luis, R. R. A., Dharmawan, M. O., & Priyono, P. (2021). Penyusunan Peta Desa Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat Hibah Peta di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Abdi Geomedisains, 2(1), 1–8.
  8. Mubarok, H., Karim, S. F., Romdhoni, H., Raziqin, A. A., Septiana, L., Sari, H. N., & Maknunah, J. (2019). Pemberdayaan Segi Fisik dan Non Fisik Bidang Sosial, Kemasyarakatan, dan Kesehatan berbasis Potensi Padukuhan Monggol. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 87-90.
  9. Ningrum, D. A., Putra, B. C., Ardhyati, I. W., & Lestariningsih, W. (2019). Pembuatan Sarana Desa Untuk Papan Petunjuk Jalan Desa Dan Lingkungan Desa Jogosatru. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1) 25-31.