Main Article Content

Abstract

Dalam era yang ditandai dengan kecepatan dan tuntutan tinggi, pengembangan keterampilan manajemen waktu menjadi esensial untuk meningkatkan produktivitas baik dalam lingkup pribadi maupun profesional. Di Cibatu, Garut, program pengabdian kepada masyarakat telah diluncurkan dengan tujuan khusus untuk mengasah keterampilan ini. Program ini dirancang untuk mengatasi tantangan pengelolaan waktu yang seringkali menghambat potensi maksimal individu dan komunitas di kecamatan yang dikenal dengan kegiatan ekonominya yang beragam. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya manajemen waktu, mengajarkan teknik dan alat praktis untuk manajemen waktu yang efektif, serta mendorong peningkatan produktivitas pribadi dan profesional. Metodologi yang digunakan dalam program ini meliputi serangkaian workshop dan sesi pelatihan yang dipimpin oleh para ahli dalam bidang manajemen waktu. Kegiatan ini dirancang untuk membantu peserta memahami nilai waktu dan cara penggunaannya yang efisien. Melalui sesi interaktif, diskusi kelompok, latihan praktis, studi kasus, dan simulasi, peserta diajak untuk menginternalisasi prinsip-prinsip manajemen waktu. Diharapkan, setelah mengikuti program ini, peserta akan mampu mengidentifikasi dan mengeliminasi pemborosan waktu dalam kehidupan sehari-hari, menerapkan teknik manajemen waktu untuk meningkatkan efisiensi kerja, dan mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan profesional. Program ini tidak hanya memberikan manfaat pada level individu tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kapasitas produktif komunitas di Cibatu, Garut secara keseluruhan.

Keywords

Manajemen Waktu Produktivitas Profesional Pengabdian Masyarakat Cibatu

Article Details

References

  1. Cahyani, A., Agustin, D., Muslimah, I., & Khulliyatunnisa, N. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 262-273.
  2. Devi, I., Sesmiarni, Z., Syafitri, A., Simbolon, A. M. Y., & Iswantir, I. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Mtss Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14422-14433.
  3. Fadli, R., Seta, A. B., Ilham, N., Nurcahayati, S., & Mulyani, S. (2020). Pelatihan Manajemen Waktu dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kesehatan RSU Bhakti Asih. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 100-103.
  4. Mahfud, T. (2012). Praksis pembelajaran kewirausahaan pada unit produksi jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).
  5. Mangampang, J. B., & Ruata, S. N. C. (2023). Efektifitas Psikoedukasi Manajemen Waktu pada Pegawai Dinas X. Journal of Psychology Humanlight, 4(1), 25-33.
  6. Safrudin, S. K. M., Mulyati, S., Rosni Lubis, S. S. T., & Keb, M. (2019). Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme Bidan. WINEKA MEDIA.
  7. Sari, D. M. (2018). Manajemen Waktu Pustakawan Untuk Pengembangan Karier Kepustakawanan Secara Efektif. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 34(2), 11-21.