Main Article Content

Abstract

Program pelatihan dan konseling untuk optimasi manajemen sumber daya manusia di organisasi komunitas Leuwigoong, Garut, bertujuan mengatasi tantangan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang sering kali menghambat efektivitas organisasi. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan manajerial, memberikan dukungan psikososial, dan memperkuat jaringan antar komunitas. Metodologi yang diterapkan meliputi workshop pelatihan, sesi konseling, program mentoring, dan forum diskusi. Pelatihan mencakup aspek komunikasi efektif, kepemimpinan, manajemen konflik, dan perencanaan strategis, sementara sesi konseling fokus pada pengembangan pribadi dan profesional. Program mentoring dan coaching diimplementasikan untuk memfasilitasi transfer pengetahuan dan pengalaman. Forum diskusi bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik antar anggota komunitas. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan kapasitas manajemen sumber daya manusia, kesejahteraan anggota, pembentukan jaringan yang lebih kuat, dan pengembangan kepemimpinan masa depan. Program ini menyajikan pendekatan holistik yang tidak hanya mengutamakan pengembangan keterampilan tetapi juga dukungan emosional dan psikososial, yang penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan komunitas di Leuwigoong. Kesimpulannya, program ini bertujuan menciptakan dampak positif yang signifikan pada organisasi komunitas di Leuwigoong, melalui peningkatan keterampilan manajerial dan kesejahteraan anggota komunitas.

Keywords

Pengembangan SDM Manajemen Organisasi Komunitas Pelatihan Konseling

Article Details

References

  1. Andriani, A. D., Mulyana, A., Widarnandana, I. G. D., Armunanto, A., Sumiati, I., Susanti, L., ... & Dewi, I. C. (2022). Manajemen sumber daya manusia (Vol. 1). TOHAR MEDIA.
  2. Effendi, M. (2021). Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan citra lembaga di lembaga pendidikan islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39-51.
  3. Handayani, S. R. (2019). OPTIMALISASI MSDM GUNA MENCAPAI TUJUAN KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 3(1), 576-589.
  4. Maduningtias, L., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Indomarco Pristama Kebayoran Lama. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1206-1213.
  5. Rahardjo, D. A. S. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-114.
  6. Solong, H. A. (2020). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas. Deepublish.
  7. Wahyuningtyas, P. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Mts N 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, Iain Ponorogo).