Main Article Content

Abstract

Desa Berjo memiliki 6 destinasi wisata yaitu Air Terjun Jumog, Telaga Madirda, Taman Hutan Raya, Candi Sukuh, Situs Planggatan dan Tenggir park yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatan kompeternsi komunikasi Bahasa Inggris dan public speaking pemandu wisata di Desa Berjo Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Mertode yang dilakukan pelaksana adalah dengan berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa Berjo dan kelompok pemandu Wisata di Desa Berjo untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan untuk lebih memajukan pariwisata di Desa Berjo dan jumlah peserta pelatihan. Ada 5 kelompok pemandu wisata di Desa Berjo dan setiap kelompok menggirim 6 peserta sehingga ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan komukasi atau communicative approach sehingga peserta mampu mengaplikasikan kompetensi komunikasi secara langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah ada Sebagian besar peserta sudah mempunyai kemampuan komukasi Bahasa Inggris yang sudah cukup bagus bahkan ada 2 peserta yang merupakan mahasiswa dari jurusan Bahasa Inggris. Kendala yang dihadapi peserta untuk meningkatakan kompetensi adalah dari waktu dan wadah yang belum terkoordinasi dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut, pemandu Wisata di desa Berjo hanya membutuhkan wadah atau organisasi untuk saling berbagi dan praktek Bahasa Inggris agar kemampuan komunikasi mereka akan semakin sempurna.

Keywords

Public Speaking Bahasa Inggris Kemampuan Komunikasi Pemandu Pariwisata

Article Details

References

  1. Ardiansyah, L. D. S. (2021). PEMBERDAYAAN SENIMAN MUSIK TRADISI MELALUI PELATIHAN BAHASA INGGRIS DALAM UPAYA MENDUKUNG WISATA DAERAH. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 28-38.
  2. Cindoswari, A. R., & Abidin, S. (2022). Pembinaan Public Speaking Pada Lapas Anak Kelas IIB Kota Batam. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(2), 93-107.
  3. Ishak, R. P., & Simanihuruk, M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pokdarwis Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukajadi Bogor. ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment, 3(1), 11-22.
  4. Menggo, S., Su, Y. R., & Taopan, R. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata Di Desa Wisata Meler. WIDYA LAKSANA, 11(1), 85-97.
  5. Mulyanti, W., & Purwaningsih, S. (2020). PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF UNTUK PEMANDU WISATA DI SAFARI TOUR AND TRAVEL TASIKMALAYA. Journal of Empowerment Community, 2(1), 105-114.
  6. Putri, I. G. A. V. W., Santika, I. D. A. D. M., & Candra, K. D. P. (2019). Pelatihan Public Speaking Bagi Pemandu Wisata di Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 105-111.
  7. Setyowati, R. (2020). Improving English Communicative Competence at Tertiary Level of Education in Industrial Revolution 4.0 using Co-Trainers Program. Jurnal Makna, 6(1), 74–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/makna.v6i1.2010.
  8. Subekti, A. S., Wati, M., Susyetina, A., Kurniawati, L. A., Ermerawati, A. B., & Winardi, A. (2023). Pelatihan Daring Pembuatan Video Perjalanan Virtual Berbahasa Inggris bagi Pemandu Wisata Tersertifikasi dari Berbagai Daerah di Indonesia. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 290-303.
  9. Utama, W., & Nurranto, H. (2021). PKM Program Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pemandu Wisata Di Orbit Tour And Travel Jakarta. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 2(1), 106-111.